Minggu, 06 Januari 2008

tugas UTS

  1. Tentang aplikasi open source :

· Trend aplikasi open source menghilangkan pengakuan tentang hak cipta

Salah satu komponen penting dari computer adalah perangkat lunak/software. Sekarang ini sudah banyak sekali software-software yang dibutuhkan user. Namun kalau kita cermati tidak semua software didapatkan dengan mudah. Ada 2 macam jenis software :

o Lisensi

o Tanpa lisensi (open source/freeware)

Kalau kita bahas mengenai software yang berlisensi ambil contoh saja Microsoft. Software ini, memang sudah sangat terkenal bahkan sudah terbiasa menggunakannya, namun tidak disangka ternyata ‘fee’ yang dikeluarkan tidak sedikit. 1 lisensi saja harus mengeluarkan ‘kocek’ jutaan. Kebanyakan para pengguna “Home Computer” menengah kebawah , menggunakan software bajakan (Microsoft) karena tidak sanggup membelinya.

Namun sekarang ini mulai berkembang software open source. Kenapa tidak migrasi saja dengan menggunakan aplikasi open source? Ambil contoh system operasi Linux. Software ini tidak kalah hebatnya dengan system operasi Windows (Microsoft). Bahkan software open source ini telah digunakan dalam bidang bisnis, khususnya dalam pelayanan jasa. Linux akan terus mengalami perkembangan dalam pencapaian kinerja dan kualitas, agar user tertarik untuk migrasi menggunakan Linux.

· Aplikasi open source adalah pilihan bijak bagi user miskin

User tidak perlu bingung dalam menggunakan software khususnya system operasi. Linux dapat didownload di internet secara gratis tanpa harus membayar. Hampir pengguna computer di Indonesia menggunakan software bajakan (windows), karena terlalu mahal fee yang harus dikeluarkan. Semua aplikasi sama hanya saja bagaimana kita menggunakan. Kita tidak perlu mengeluarkan uang hanya untuk membeli software berlisensi, apalagi sampai jutaan.

5. Tentang profesi IT masa depan

· Semua orang tanpa latar belakang IT dapat menjadi professional IT

Bidang Teknologi Informasi (IT) merupakan bidang yang dicari saat ini, karena perkembangan yang sangat cepat. Sekarang ini banyak metode-metode menjadi professional IT di internet. Kalau kita ingin menjadi seorang programmer, kita tinggal mencari situs yang membahas tentang ahli programmer. Ini merupakan persaingan antara orang yang berlatar belakang IT dengan yang tidak namun ingin terjun didunia IT. Perbedaan adalah bagaimana menciptakan sebuah kreatifitas dalam bidang Teknologi Informasi. Sebuah kreatifitas yang bagus akan membawa dampak yang positif bagi dunia IT. Intinya adalah orang yang bukan berlatar belakang dapat menjadi Professional IT jika ia mampu mempelajari seluk beluk dunia IT dan berkreatifitas.

· Professional IT harus memiliki kemapuan marketing

Sebagai seorang yang memiliki pengetahuan dibidang IT, tidak salah kalau memiliki wawasan dalam marketing. Wawasan dibidang IT akan menjerumus kepada ilmu marketing, meskipun kalau dibilang marketing memiliki latar belakang ekonomi.

Tidak ada komentar: